18 Oktober 2020

berikut ini adalah apa-apa yang mesti kita lakukan ketika hari telah jatuh pada minggu:

1. mencintai seseorang dengan doa yang tak pernah putus. sekali pun putus, sudah pasti itu bukan sebuah kesengajaan. itu hanya sebuah kekhilafan.

2. pergi ke sebuah tempat yang asik, namun harus sendirian. tenang, tak ada keramaian. karena semua orang sedang meliburkan dirinya, tapi tidak untuk mulut & pikirannya.

3. menonaktifkan gawai, karena semua sumber masalah, kenangan, janji tersimpan di sana. tenanglah—walau hanya sehari. sungguh, hari ini adalah hari di mana engkau mesti melihat wajahmu di cermin, lalu menangis atau tertawa.

4. mandi air hangat. karena kita—pada hari minggu, sebenarnya hanya membutuhkan pelukan. karena tak semua orang paham. maka mandi air hangat adalah cara mencari pelukan ketika sendirian.

5. berbicara dengan diri sendiri. dimulai dengan pertanyaan yang gampang: apakah hari senin akan menusuk mataku esok?

6. biasanya pada hari minggu kuturut ayah ke kota—tapi kota sudah terlalu sumpek. sepertinya kita tak mesti pergi ke kota, barangkali kita bisa saja ikut ibu ke pasar, ziarah ke kuburan, atau duduk berdua dengan ibu di ruang tv.

7. jika hari ini hujan. jangan pakai payung atau mantel. sungguh, air hujan ternyata adalah air mata malaikat. maka basah & mandilah! sekali pun memang bukan mencari berkah, setidaknya kita tahu bahwa jumlah malaikat sangat banyak & tak terhitung jari-jari kita.

8. tinggalkan rumah. tinggalkan, walau kau tak membawa uang. sungguh, jalanan & dunia ialah sesuatu yang mengejutkan. barangkali keajaiban berada di luar rumahmu.

9. jangan percaya nomor 1 sampai 9.

10. membenci seseorang.

ditulis titan. serupa mantra.

Comments

Popular posts from this blog

6 Oktober 2020

9 Oktober 2020

AKU MERASA AKAN DISALIBKAN